facecool

Life after Facebook: Social Networking & Shopping I Blockchain & Coins

Apakah pergi ke salon atau spa sering Anda lakukan saat merasa penat dengan pekerjaan? Hal ini biasa disebut dengan me–time, yaitu menyempatkan waktu untuk melakukan hal yang disenangi secara sendirian.

Selain dapat membuat Anda lebih bahagia, meluangkan waktu untuk sendirian juga memiliki beragam manfaat sehat. Berbeda dengan kesepian yang bisa mendatangkan berbagai penyakit, me-time dapat menjadi momen Anda menyepi sekaligus menyehatkan tubuh.

Manfaat Meluangkan Waktu untuk Me-Time
Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda peroleh setelah meluangkan waktu untuk me-time:

Pikiran menjadi lebih jernih
Deadline pekerjaan atau pertengkaran dengan pasangan tentu bisa membuat pikiran kalut. Padahal otak juga butuh beristirahat agar dapat berfungsi dengan baik.

Dengan menyendiri, Anda akan fokus pada diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Pikiran pun menjadi lebih jernih dan fokus dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah.

bacajuga: informasi pemeriksaan fungsi ginjal

Lebih kreatif
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, dilaporkan bahwa orang yang memikirkan ide sambil berkelompok cenderung memiliki ide–ide lebih sedikit ketimbang orang yang menyendiri untuk mencari ide baru kemudian bekerja berkelompok.

Oleh karena itu tak heran banyak orang yang memilih untuk bekerja di malam hari saat sedang sendirian guna memunculkan ide kreatif. Pikiran Anda sedang buntu dan haus ide? Cobalah lakukan me-time.

Menurunkan risiko penyakit jantung
Apakah Anda merasakan relaks setelah melakukan creambath atau refleksi? Jika ya, Anda tidak sendirian. Meluangkan waktu sendiri dengan kegiatan atau hobi yang menyenangkan akan membuat Anda menjadi santai. Anda pun akan menjadi lebih bahagia sesudahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Heart Journal, seseorang yang memiliki perasaan bahagia akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Bertemu dengan orang baru
Menghabiskan waktu sendiri untuk melakukan kegiatan tanpa orang terdekat atau orang yang Anda kenal juga bisa termasuk me-time. Contohnya, Anda bisa berlibur atau menonton bioskop sendirian. Di saat sedang pergi sendiri, Anda berpotensi bertemu orang baru dengan hobi yang sama dengan Anda.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Anda memiliki rekan kerja atau teman yang suka menggerutu? Cobalah sarankan ia untuk melakukan me-time. Cara tersebut dapat membuat bahagia dan bisa berdampak pada daya tahan tubuh seseorang.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pyschosomatic Medicine, orang yang memiliki emosi positif berupa perasaan bahagia, berenergi dan tenang cenderung lebih jarang terkena penyakit flu. Tentunya emosi positif tersebut bisa Anda peroleh setelah menghabiskan waktu sendirian.

bacajuga: informasi pemeriksaan fungsi ginjal

Menurunkan tingkat stres
Salah satu tujuan seseorang melakukan me-time adalah untuk menghilangkan stres. Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain dapat menurunkan tingkat stres Anda. Dengan demikian, risiko Anda terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes dan penyakit jantung pun akan berkurang.

Menjadi “egois” sesekali dengan melakukan me-time tentu tak ada salahnya. Selain akan membuat Anda bahagia, meluangkan waktu sendirian juga memiliki beragam manfaat sehat untuk tubuh, seperti yang telah dijelaskan di atas. Yuk, atur waktu me-time Anda!

Views: 25

Tags: healthy, tips

Comment

You need to be a member of facecool to add comments!

Join facecool

© 2018   Created by Face Cool.   Powered by

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service